Berita Pengumuman Seminar Seputar Kampus

Silaturahmi dan Pengarahan Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Bagasasi

doc. Humas STIA Bagasasi

Silaturahmi dan Pengarahan dari Wakil Ketua Yayasasan Pendidikan Bagasasi Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si Guru Besar UNPAD dan Rektor UNINUS Bandung, pada Jum’at, 14 Juli 2023 di Aula Lt. 2 STIA Bagasasi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah dalam peningkatan jenjang karir dosen dan pengembangan SDM STIA Bagasasi. Kompleksnya peran dosen disusul dengan perannya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, yakni lewat kinerjanya melaksanakan tri dharma dan mengembangkan karir akademiknya melalui jabatan fungsional. Maka dari itu, setelah 1-2 tahun dosen wajib mengajukan jabatan fungsional di sistem JAD http://jad.lldikti4.id/login. Sementara itu dosen yang ber-NIDK dapat mengajukan Jabatan fungsional, namun tunjangan serdos dibebankan kepada masing-masing perguruan tinggi.

Inspirasi & Solusi Alternatif bagi Dosen yang kesulitan dalam bidang penelitian ilmiah, bahwa setiap 1 semester dosen wajib membuat artikel. Solusinya adalah dengan melibatkan mahasiswa tingkat akhir untuk membuat jurnal https://journal.stiabagasasi.ac.id/ dari skripsi (dosen sebagai penulis pertama) atau membuat HakI yang di patenkan.

Ada 7 usaha yang bisa dilakukan untuk pengembangan karir akademik, yaitu:

  1. Niat, komitmen, dan konsisten.
  2. Segera mengurus  jabatan fungsional pertama bagi dosen yang belum memiliki jafung.
  3. Membuat perencanaan karir bagi dosen.
  4. Setelah dosen memiliki jabatan fungsional maka bisa segera mengikuti sertifikasi dosen atau serdos.
  5. Bagi dosen yang belum S3 maka bisa segera studi lanjut S3, usahakan tidak asal S3 melainkan sesuai dengan bidang keilmuan dan bidang program studi dari homebase.
  6. Melakukan publikasi tiada henti.
  7. Melaksanakan aktivitas tri dharma tiada henti.

Pengembangan karir akademik dosen melibatkan dosen itu sendiri dan juga dukungan dari PT tempatnya mengabdi. Sehingga ada hubungan timbal balik dan saling memberi manfaat antara dosen dengan institusi.

Penulis : Sunandie Eko Ginanjar | Editor :



© 2022 Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi